HP Indonesia Rilis Spectre x360 14, Laptop yang Paling Mengerti Kebutuhan Profesional

Tips Berbelanja Kebutuhan Bulanan di Era New Normal

Sejak pertama negara kita mengalami pandemi Covid-19, pemerintah menganjurkan kita untuk stay at home atau beraktifitas di rumah saja untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Baik bekerja maupun sekolah pun lebih banyak dilakukan melalui daring, dengan bekerja atau belajar dari rumah.

Tidak hanya itu, unuk menghindari kerumunan, beberapa tempat umum yang biasa digunakan untuk orang berkumpul tidak dibuka, seperti beberapa tempat wisata. Atau tempat-tempat lainnya yang masih dibuka, namun dengan aturan ketat untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Seperti harus memakai masker, face shield, cuci tangan atau memakai hand sanitizer, hingga harus menjaga jarak antara satu orang dengan lainnya.

Sebagai manusia, kita pasti butuh belanja kebutuhan sehari-hari. Atau yang biasa orang sebut dengan kebutuhan bulanan, entah itu bahan pangan, kebutuhan kamar mandi, hingga keperluan sifatnya pribadi seperti pembalut bagi perempuan dan lain sebagainya.

Mengingat keadaan pandemi saat ini, berbelanja kebutuhan bulanan tentu tidak semulus seperti sebelumnya. Terlebih jika kita biasa berbelanja di supermarket yang biasanya terdapat banyak orang berkerumun.

belanja new normal


Berikut ini, beberapa tips agar kita bisa berbelanja bulanan agar tetap aman dan nyaman di era new normal saat ini.

1. Manfaatkan Layanan Berbelanja Online Dari Beberapa Penyedia Jasa

Saat ini banyak sekali start up digital yang menawarkan jasa berbelanja secara online. Kita tinggal buka aplikasi, pilih barang yang mau dibeli, klik order dengan berbagai pilihan pembayaran yang mudah, kita sudah bisa berbelanja aman hanya dari rumah.

Soal biaya layanan tidak usah terlalu kuatir, biasanya tidak terlalu mahal, dan juga sering ada promo mendapat potongan yang lumayan meringankan kantong kita.

Berbelanja aman, nyaman dan juga tetap bisa meminimalisir penularan wabah Covid-19.

2. Jika Berbelanja di Supermarket, Pastikan Menerapkan Protokol Kesehatan

Jika anda terbiasa dan lebih suka berbelanja di supermarket, mengingat belanja di supermarket kita bisa memilih dan melihat langsung barang yang akan kita beli. Hal ini bagi beberapa orang terasa sangat penting, sehingga untuk berbelanja secara online menjadi kurang disukai. Saat ini pusat-pusat perbelanjaan masih terbuka bebas dan tidak dilarang, hanya saja dikarenakan pusat perbelanjaan rawan terjadi kerumunan, maka harus diterapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat.

Paling pertama yang harus anda pakai adalah masker atau face shield, yang secara langsung melindungi kita dari penularan Covid-19. Dimana virus Cpvid-19 ini sangat mudah menular, khususnya melalui mulut, hidung dan mata.

Di dalam supermarket atau pusat perbelanjaan, dianjurkan untuk selalu jaga jarak dengan orang lain. Hal ini tidak hanya untuk mencegah penularan virus kepada kita, juga untuk mencegah orang lain tertular apabila kita tidak sengaja menjadi carrier dari virus tersebut.

Kemudian selalu gunakan hand sanitizer saat berada di pusat perbelanjaan, karena virus ini juga mudah menempel di bagian tubuh kita khususnya pada tangan karena seringnya digunakan untuk memegang apapun. Setelah selesai berbelanja, jangan lupa cuci tangan dengan air mengalir dan sabun yang mengandung antiseptic.

Cuci bersih semua barang belanjaan kita, bagi yang tidak bisa dicuci bisa disemprot dengan disinfektan untuk membunuh virus-virus yang menempel.

3. Jika Memungkinkan, Belilah Kebutuhan Bulanan Anda di Warung Dekat Rumah

Efek dari pandemi di negara kita, salah satu yang cukup terasa adalah di sektor ekonomi. Banyak orang yang di PHK dari tempat mereka bekerja, ada yang usahanya terancam gulung tikar, ada juga yang penghasilannya menurun drastis. Salah satunyamungkin adalah warung jualan kebutuhan pokok dari tetangga anda.

Dengan membeli barang-barang kebutuhan dari tetangga anda, kita diharapkan bisa sedikit membantu perputaran ekonomi keluarga mereka. Mengingat setiap orang memiliki kebutuhan hidup yang tidak bisa di-skip atau di-pending. Jika kita yang lebih beruntung bisa membantu mereka, tentunya akan menjadi pahala untuk kita sendiri.

Komentar